Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Aktif Berolahraga Saat Usia Lanjut

Posted by janies

Usia tidak dapat menghalangi seseorang untuk tetap melakukan olahraga. Pola hidup aktif perlu tetap dilakukan hingga usia lanjut karena memiliki keuntungan yang sangat baik bagi tubuh Anda. Olahraga rutin dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperlambat proses penuaan alami. Tidak perlu olahraga berat, melainkan cukup dengan melakukan beberapa latihan sederhana seperti di bawah ini.

1.     Berjalan kaki

Cukup pilih jalanan datar dengan jarak pendek dan secukupnya, namun pastikan Anda mampu menempuh rute tersebut secara rutin. Hal ini akan membantu meningkatkan kekuatan otot jantung dan otot tubuh, serta dapat menjaga dan meningkatkan massa tulang Anda.

 

2.    Melatih keseimbangan

Latihan keseimbangan dapat Anda lakukan dengan cara berdiri tegak, kemudian angkat satu kaki, dan tahan selama dua detik. Ulangi secara bergantian dengan kaki lainnya. Gerakan ini sangat penting dan bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh dan fungsi motorik Anda.

 

3.    Senam

Kecepatan dan dinamika gerakan senam dapat disesuaikan dengan usia Anda. Kebanyakan orang berusia lanjut lebih memilih melakukan senam jantung.

 

4.   Berenang

Olahraga ini sangat dianjurkan bagi Anda yang mulai lanjut usia, karena kegiatan yang dilakukan sangat minim risiko cedera fisik akibat benturan. Selain itu, berenang dapat melatih kekuatan jantung dan paru-paru Anda.

 

5.    Berkebun dan Beternak

Kegiatan ini terbukti ampuh mengurangi stres dan melatih daya ingat dan konsentrasi Anda.

Hal yang juga perlu Anda perhatikan dalam berolahraga adalah intensitas waktu. Jangan paksakan berolahraga terlalu lama,  cukuplakukan selama 10 menit setiap harinya. Jika Anda mengalami kelelahan yang berlebihan, maka olahraga harus segera dihentikan, Agar Anda merasakan dampak positif berolahraga, barengi juga dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan negatif seperti merokok, mengonsumsi makanan tidak sehat dan alkohol, serta membiarkan diri Anda dilanda stres berlebihan.