Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

7 Jenis Buah Berkhasiat yang Sebaiknya Dikonsumsi Rutin

Posted by setyo

Buah-buahan yang termasuk dalam ‘empat sehat lima sempurna’ secara umum memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, berbagai ahli nutrisi menyarankan mengonsumsi buah secara rutin setiap hari.

Meskipun semua buah pada dasarnya bagus bagi kesehatan, Anda tetap perlu memilih buah-buahan tertentu yang akan dikonsumsi secara rutin. Hal ini penting terutama jika Anda ingin memaksimalkan anggaran belanja sehari-hari untuk memenuhi gaya hidup sehat.

Ada beberapa jenis buah berkhasiat yang sebaiknya dikonsumsi lebih rutin dibandingkan buah lain. Berikut ini merupakan tujuh buah yang telah Tim Cigna rangkum untuk mendapatkan prioritas utama dalam daftar belanja buah khusus untuk Anda.

 

1. Buah Pisang

 

Pisang merupakan buah yang rasanya enak dan kaya akan vitamin serta mineral. Pisang berguna melancarkan pencernaan, sehingga baik dikonsumsi rutin setiap hari. Kandungan potasium yang tinggi serta rendahnya sodium membuat pisang baik untuk menurunkan tekanan darah.

 

2. Buah Apel

 

Apel sangat baik untuk dikonsumsi rutin karena mengandung dua jenis serat: serat larut (Soluble Fiber) yang dapat menurunkan tingkat kolesterol dan serat tidak larut (Insoluble Fiber) yang dapat menyehatkan pencernaan. Konsumsi apel juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

 

Baca juga: Tahukah Anda Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan?

 

3. Buah Nanas

 

Nanas termasuk dalam buah yang kaya akan vitamin C. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu meredakan radang dan mencerna protein. Bromelain juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker dan tumor.

 

4. Buah Stroberi

 

Stroberi juga kaya akan kandungan vitamin C serta mangan dan potasium. Buah ini memiliki indeks glikemik yang cenderung rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara signifikan. Kandungan antioksidan dalam stroberi juga berguna untuk menurunkan risiko berbagai penyakit kronis.

 

5. Buah Lemon

 

Buah yang sangat populer di kalangan pecinta diet ini juga sangat baik untuk kesehatan sehari-hari. Selain kaya akan vitamin C, lemon juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Kandungan asam sitrat dalam lemon juga berguna untuk menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal.

 

6. Buah Semangka

 

Semangka merupakan salah satu buah dengan kandungan air tertinggi dari seluruh jenis buah-buahan, yaitu 92%. Buah ini membantu mengenyangkan perut sehingga berguna juga bila Anda sedang diet. Semangka berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tingkat kolesterol, dan menjaga tekanan darah.

 

7. Buah Jeruk

 

Buah yang sangat populer ini memiliki kandungan vitamin B dan C yang sangat tinggi. Jeruk juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal, meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, serta mencegah terjadinya anemia.

 

Baca juga: Hindari Interaksi Makanan dan Obat Berikut!

 

Demikianlah beberapa jenis buah berkhasiat yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Di luar buah-buahan di atas, Anda tentu dapat mengkonsumsi buah lain saat memiliki anggaran belanja yang cukup. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.