Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

5 Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Diabetes

Posted by setyo

Di Indonesia, hari Diabetes Nasional diperingati setiap tanggal 18 April. Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang melanda berbagai kalangan usia di dunia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Bila tidak melakukan pola hidup sehat yang tepat, diabetes dapat mengakibatkan penyakit lain seperti kebutaan, penyakit jantung, dan gagal ginjal.

Berdasarkan data dari salah satu penelitian yang dilakukan Universitas Harvard, terdapat sekitar 285 juta orang di dunia yang mengidap diabetes pada tahun 2010. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat hingga 439 juta orang pada tahun 2030 nanti.

Anda dan keluarga dapat mencegah terkena penyakit diabetes dengan mengadopsi beberapa pola hidup sehat yang mudah dilakukan. Dalam rangka memperingati hari Diabetes Nasional, Tim Cigna sudah merangkum beberapa tips yang berguna bagi Anda untuk mewaspadai diabetes:

 

1. Kurangi Gula

 

Gula yang terdapat pada nasi putih, kue dan makanan manis, serta minuman bersoda berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Makanan dan minuman tersebut menaikkan tingkat gula darah dalam tubuh. Anda bisa mengurangi konsumsi gula dan beralih ke makanan lain yang rendah gula atau mengandung biji-bijian (whole grain). Contoh makanan ini antara lain roti gandum, nasi merah atau nasi coklat, oatmeal, soba, dan quinoa.

 

2. Perbanyak Konsumsi Minuman Sehat

 

Tidak hanya makanan, terlalu banyak konsumsi minuman manis seperti sirup buatan, jus yang diberi gula, atau minuman bersoda juga meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Bila terbiasa mengonsumsi minuman tersebut, mulailah menguranginya dan beralih ke minuman lebih sehat. Air mineral adalah teman terbaik Anda di sini. Untuk variasi, Anda juga dapat mengkonsumsi teh, kopi, dan jus organik selama tidak diberikan gula sebagai pemanis utama.

 

Baca juga: Cara Tetap Bugas Meski Banyak Lembur

 

3. Turunkan Berat Badan

 

Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan potensi terkena penyakit diabetes. Bila Anda merasa terlalu gemuk atau memiliki berat badan yang tidak ideal, maka sudah saatnya Anda mulai serius memikirkan cara menurunkan berat badan. Jagalah pola konsumsi makanan Anda sehari-hari dan lakukan olahraga kardio untuk mengembalikan tubuh ke bentuk yang lebih sesuai.

 

4. Berhenti Merokok

 

Hasil riset yang sama dari Harvard menunjukkan bawah perokok memiliki 50% kemungkinan lebih tinggi untuk mengidap penyakit diabetes dibandingkan bukan perokok. Jika Anda perokok berat, maka kemungkinannya akan naik lebih tinggi. Sebaiknya Anda perlahan mengurangi kebiasaan merokok.

 

Baca juga: 4 Cara Mudah Menghindari Kolesterol Jahat

 

5. Jangan Terlalu Sering Duduk

 

Apakah Anda termasuk orang yang cenderung duduk diam dalam waktu lama untuk bekerja, belajar, atau main game? Jika iya, maka aktivitas duduk yang Anda lakukan tersebut termasuk dalam kategori Sedentary Behaviors. Perilaku ini dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes hingga 90%. Usahakan agar Anda melakukan break sejenak dengan cara berdiri dan berjalan beberapa menit setiap jamnya.

Demikian lah beberapa tips pola hidup sehat yang mudah Anda terapkan. Sebaiknya Anda juga melakukan pengecekan gula darah minimal setahun sekali untuk pencegahan dini, terutama jika di keluarga besar Anda terdapat riwayat turunan penyakit diabetes. Bagikanlah cara hidup sehat di atas kepada orang-orang terdekat demi membantu mereka mencegah terkena penyakit diabetes. Gunakan juga produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda.