Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

5 Makanan Pilihan Buat yang Anda yang Menjalankan Diet Vegetarian

Posted by setyo

Diet vegetarian menjadi tren baru pada belakangan ini. Diet ini disukai karena lebih mudah dibandingkan diet keto, misalnya yang pantang makan makanan berbau karbohidrat. Anda hanya tinggal mengganti makanan hewani menjadi nabati untuk melakukan diet yang juga dilakukan beberapa selebritis ini. Intinya Anda hanya tinggal memenuhi energi dan nutrisi dengan sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan.

 

Baca: Makanan yang Tepat untuk Kesehatan Mental

 

Dr Michael Klapper, seorang dokter sekaligus pakar diet nabati, dikutip dari Hellosehat mengatakan jangan pernah ragu melakukan diet vegetarian karena diet ini bagus bagi metabolisme tubuh. 

Beberapa makanan vegetarian di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda yang sedang berusaha melakukan diet vegetarian. Berikut ulasannya.

 

Kacang-Kacangan

 

Untuk melakukan diet vegetarian Anda akan menghindari sumber daya protein dan zat besi seperti daging, unggas, ikan dan telur. Solusinya Anda bisa memakai kacang polong yang memiliki protein tinggi. Kacang- kacangan memiliki kandungan 10 sampai 20 gram protein per cangkir.

Dikutip dari www. Healthline.com, kacang polong juga memiliki kandungan fiber, karbohidrat, zat besi, folat, mangan, seng, antioksidan, dan senyawa tanaman yang bagus bagi kesehatan.

Salah satu makanan vegetarian yang memiliki kandungan zat besi dan protein tinggi adalah buncis. Dikutip dari Healthline, buncis membantu mengurangi berat badan, penyakit jantung dan potensi kanker. Manfaat ini semakin bagus bagi Anda yang mengganti daging dengan buncis.

Buncis juga bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan insulin ketika dibandingkan dengan makanan berkarbohidrat tinggi lainnya.

Penyerapan zat besi dari kacang-kacangan diperkirakan 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan sumber hewani. Sehingga diet vegetarian bisa mengurangi penyerapan zat besi sebanyak 35 persen dibandingkan dengan konsumsi daging. 

Kacang tanah juga bagus buat Anda yang akan melakukan diet vegan. Kacang tanah memiliki kandungan vitamin E, protein, dan kalori yang berguna untuk diet. Tingginya kandungan lemak tak jenuh juga membuat kacang tanah bagus untuk mengatasi rasa lapar. 

 

Baca: Diet Vegetarian, Ini Dia Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

 

Tahu dan Tempe

 

Tahu dan tempe juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Keduanya memiliki 16-19 gram protein per 100 gram. Mereka juga memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi.

Tahu yang berasal dari kedelai merupakan makanan pengganti daging yang populer. Tahu dapat ditumis, dipanggang atau digoreng. Variasi ini yang membuatnya menjadi tak membosankan. 

Sementara itu tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi juga bisa dijadikan pilihan. Rasa khasnya yang renyah menjadikannya berguna sebagai pengganti daging seperti ikan meskipun tempe juga dapat digunakan dalam berbagai hidangan lainnya.

Tempe juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Proses fermentasi yang terdapat dalam tempe membantu jumlah anti nutrisi yang biasa ditemukan di kedelai.

 

Rumput Laut 

 

Makanan rumput laut mengandung lemak sehat dengan banyak keunggulan. Kandungan Alga seperti spirulina dan chlorella adalah kandungan proteinnya yang tinggi. 

Kandungan rumput laut sebanyak 30 ml mengandung 8 gram protein. Selain itu, rumput laut juga memiliki kandungan magnesium, riboflavin, mangan, kalium, yodium dan antioksidan dalam jumlah yang banyak.

Kandungan fiber di rumput laut bisa mencegah kelaparan karena akan membuat Anda merasa kenyang. Kandungan fucoxanthin dalam rumput laut bisa membantu mengurangi kegemukan. Mineral yodium, khususnya, berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh Anda dan menjaga fungsi kelenjar tiroid Anda. Beberapa rumput laut memiliki kadar yodium tinggi seperti rumput laut coklat, beberapa lainya seperti spirulina memiliki kandungan yodium yang rendah.

 

Gandum

 

Makanan yang mengandung gandum seperti sereal, roti merupakan makanan yang bagus buat tubuh. Mereka memiliki kandungan sumber karbohidrat, serat, dan zat besi, serta vitamin B, magnesium, fosfor, seng, dan selenium.

Biji-bijian gandum bisa mengandung protein 10-11 gram per cangkir yang dimasak (237 ml). Itu jauh dibandingkan dengan gandum dan beras

Anda bisa memadukan makanan sereal ini dengan sayur-sayuran seperti brokoli. wortel, tomat dan buah-buahan lainnya sebagai variasi. Selain itu, kentang dan bawang juga bisa menjadi penyedap rasa.

 

Buah-Buahan dan Sayuran 

 

Cara lain untuk melakukan diet vegan adalah dengan makan buah dan sayuran. Pisang menjadi alat pengganti ampuh untuk telur sebagai bahan untuk memanggang. Es krim pisang juga merupakan pengganti populer untuk es krim berbasis susu. Cukup campur pisang beku sampai halus dan tambahkan topping pilihan Anda. Terong dan jamur, terutama cremini atau portobello, merupakan pengganti daging dalam bentuk sayuran karena mudah dipanggang.

Mungkin secara mengejutkan, nangka merupakan makanan yang baik untuk pengganti daging dalam hidangan gurih seperti sandwich barbekyu. Sementara itu, kembang kol merupakan tambahan serbaguna untuk banyak resep, termasuk kerak pizza.

 

Baca: Inilah 6 Jenis Makanan Indonesia Khusus bagi Penikmat Kuliner Nusantara Sekaligus Penggiat Diet Sehat

 

Pelaku diet vegetarian juga harus berupaya meningkatkan asupan buah dan sayuran kaya zat besi dan kalsium. Ini termasuk sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, selada air dan sawi. Brokoli, lobak hijau, artichoke, dan blackcurrant juga merupakan pilihan bagus.

Itulah pilihan makanan vegetarian bagi Anda. Sebenarnya, masih banyak lagi makanan lainya yang belum ditulis, namun pertimbangan memilih di atas karena lebih umum dan mudah dibeli oleh masyarakat.