Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Simak 5 Cara Mengatasi Bau Mulut

Posted by setyo

Apakah Anda atau orang di sekitar Anda sedang mengalami masalah bau mulut? Meskipun terkesan sepele, bau mulut atau yang dikenal dengan istilah halitosis dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Penyebab terjadinya bau mulut bermacam-macam. Misalnya, mengkonsumsi makanan berbau kuat seperti durian atau bawang dapat menyebabkan mulut bau sementara. Bau mulut yang terjadi terus menerus bisa jadi merupakan indikasi dari gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti xerostomia dan gangguan saluran pencernaan. 

Apabila Anda mengalami masalah  bau mulut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya sementara. Berikut ini merupakan cara sederhana mengatasi bau mulut yang Tim Cigna telah rangkum khusus untuk Anda.

 

1. Berkumur dengan Mouthwash

 

Mouthwash berfungsi membersihkan mulut dari bakteri-bakteri jahat yang masih menempel di sela gigi maupun lidah. Bakteri tersebut merupakan salah satu penyebab bau mulut yang paling umum. Bila tidak ada mouthwash, Anda bisa mencoba berkumur dengan air mineral saja meskipun tidak seefektif mouthwash.

 

Baca juga: Mengapa Mulut Tetap Bau Padahal Rajin Sikat Gigi?

 

2. Kunyah Permen Karet

 

Permen karet yang memiliki aroma buah sangat efektif untuk menghilangkan bau tidak sedap di mulut. Anda bebas memilih jenis aroma yang Anda sukai, namun rasa permen yang dianggap paling efektif adalah mint. Anda juga disarankan memilih permen karet yang mengandung xylitol karena memberikan sensasi dingin yang menyegarkan sekaligus memiliki jumlah kalori yang lebih kecil dari gula. 

 

Baca juga: Konsumsi Buah-Buahan Segar ini Untuk Memulai Tahun Baru

 

3. Konsumsi Buah Segar

 

Ada juga beberapa makanan alami yang bisa membantu mengatasi bau mulut untuk sementara. Sebagai contoh, Anda dapat mengunyah kulit jeruk dan lemon untuk merangsang produksi air liur yang dapat menghilangkan bau mulut. 

 

4. Hentikan Merokok dan Konsumsi Makanan Tertentu

 

Rokok dan makanan beraroma kuat seperti bawang sering menjadi penyebab utama bau mulut. Batasi atau berhentilah merokok dan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut untuk menghindari bau mulut. Rokok juga berpotensi menyebabkan banyak gangguan kesehatan, jadi akan lebih baik bila Anda membatasi frekuensi merokok.

 

5. Minum Air Mineral Banyak

 

Saat minum air mineral, produksi air liur di dalam mulut akan meningkat untuk melembabkan area di dalam mulut. Hal ini berguna untuk meminimalisir timbulnya aroma sedap yang keluar dari mulut Anda. Selain itu, minum air mineral yang cukup dapat membantu tubuh terhidrasi setiap hari.

 

Baca juga: Segera Lakukan Ini untuk Mencegah Tertular Virus Corona!

 

Demikianlah beberapa cara sederhana mengatasi bau mulut yang perlu Anda ketahui. Perlu diketahui bahwa berbagai cara di atas hanya merupakan solusi sementara. Bila Anda mengalami bau mulut yang berkepanjangan, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk deteksi dini kemungkinan penyakit yang lebih serius. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.