Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

5 Cara Membersihkan Pikiran untuk Meningkatkan Fokus Sekaligus Kesehatan Mental

Posted by setyo

Mungkin Anda atau orang terdekat Anda sedang merasakan beban pikiran yang dalam? Tekanan terhadap mental yang berasal dari pikiran dapat memengaruhi kelancaran aktivitas sehari-hari. Selain itu, kesehatan mental berpotensi terganggu bila beban pikiran terlalu berat hingga menyebabkan depresi.

Ada banyak hal yang membuat Anda memiliki beban pikiran berat. Berbagai masalah dalam kehidupan seperti asmara, karir, keluarga dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus dan ketidakstabilan mental dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Agar pikiran Anda lebih bersih dari beban pikiran yang menumpuk, berikut ini merupakan beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan sehari-hari, seperti:

 

1. Meditasi atau Olahraga Yoga

 

Salah cara terbaik menjernihkan pikiran adalah dengan meditasi. Kegiatan ini membuat tubuh lebih rileks dengan cara melepaskan seluruh pikiran yang menarik maupun membebani tubuh. Sejalan dengan meditasi, Anda dapat melakukan yoga yang juga berfungsi sebagai olahraga dan membuat tubuh lebih bugar.

 

Baca juga: Cara Tetap Bugar Menjadi Solo Runner

 

2. Konsultasi dengan Orang Terdekat

 

Bila Anda memiliki pasangan atau sahabat, tidak ada salahnya berbagi cerita dan permasalahan Anda kepada mereka. Opini dari sudut pandang berbeda dapat memberikan Anda inspirasi dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah dan meringankan beban pikiran. Selain itu, kehadiran orang terdekat dapat membantu meningkatkan suasana hati yang sedang tidak nyaman.

 

3. Menulis di Jurnal

 

Bila Anda tidak nyaman bercerita permasalahan yang dialami, maka sebagai alternatif Anda dapat mencurahkan beban pikiran Anda pada sebuah jurnal. Anda dapat menggunakan cara tradisional dengan menggunakan buku tulis, atau memanfaatkan aplikasi buku harian pada smartphone yang Anda miliki. Jurnal bisa jadi dapat Anda gunakan sebagai inspirasi menyelesaikan masalah yang Anda hadapi saat ini, atau mencegah terjadinya kesalahan yang sama.

 

4. Ikuti Kelas Martial Arts

 

Olahraga berbentuk martial arts cukup efektif sebagai kegiatan menyalurkan emosi dan melepaskan beban pikiran. Contoh olahraga ini antara lain tinju dan taekwondo. Anda dapat mencari gym atau kelas martial arts terdekat. Lakukan bersama orang-orang terdekat agar kegiatan ini terasa lebih menyenangkan.

 

Baca juga: Gerakan Pilates Praktis

 

5. Baca Buku 

 

Sesuai pepatah, buku merupakan jendela dunia. Anda bisa mendapatkan inspirasi mengenai kesulitan yang Anda alami atau pengetahuan yang Anda butuhkan dengan membaca. Ada banyak motivator dan psikolog terkenal yang menerbitkan buku personal development. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi mengurangi beban pikiran dan memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi dengan membaca buku-buku kategori tersebut.

Demikianlah beberapa tips membersihkan pikiran untuk meningkatkan fokus sekaligus menjaga kesehatan mental. Pastikan agar Anda tidak membiarkan beban pikiran yang berat menumpuk karena dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Jagalah kesehatan tubuh maupun pikiran untuk menjalani hidup dengan baik.