Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Gunakan 5 Cara Mendeteksi Kanker Payudara Ini Sebelum Terlambat

Posted by setyo

Kanker payudara merupakan anomali tumbuhnya sel-sel yang terletak pada jaringan payudara. Sampai saat ini, kanker payudara masih menjadi salah satu momok yang menakutkan, terutama bagi wanita. Banyak wanita yang terlambat menyadari bahwa dirinya terkena kanker payudara.

Sebenarnya kanker payudara dapat dideteksi sejak dini apabila Anda memiliki kesadaran untuk melakukan pengecekan tubuh sendiri secara rutin, terutama di wilayah payudara. Hal-hal aneh yang Anda temui selama pemeriksaan diri dapat segera dikonsultasikan kepada dokter Anda untuk ditangani dengan segera.

Berikut ini merupakan beberapa cara mendeteksi kanker payudara yang Tim Cigna telah rangkum khusus untuk Anda.

 

1. Periksa Sambil Berbaring

 

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa tubuh Anda sambil berbaring. Dalam kondisi ini, jaringan payudara akan cenderung menyebar secara merata di permukaan tubuh. Hal ini membuat Anda lebih mudah mengamati kondisi fisik jika terdapat perubahan. 

Aktivitas yang perlu Anda lakukan adalah meraba wilayah sekitar payudara untuk memeriksa apakah terdapat permukaan yang berbeda dari biasanya ataupun benjolan di sekitar puting. Selain itu, periksa juga apakah terdapat cairan yang aneh saat Anda memencet puting susu.

 

2. Periksa Sambil Bercermin

 

Anda juga dapat memeriksa tubuh di depan cermin. Dalam kondisi tanpa busana, angkat salah satu tangan Anda dan periksa bagian payudara di sisi yang tangannya diangkat tersebut. Gunakan lengan satunya untuk meraba sambil mengitari wilayah payudara tersebut untuk memeriksa jika ada perubahan ukuran, bentuk, atau tekstur. Ulangi cara yang sama untuk sisi payudara yang satu lagi.

 

Baca juga: Tips Produktif Bagi Diri Sendiri Saat Tuntutan Kerja Tinggi

 

3. Periksa Sambil Berdiri

 

Bila Anda tidak sempat atau tidak merasa nyaman memeriksa diri sendiri saat berbaring atau bercermin, maka Anda dapat melakukannya saat berdiri sambil mandi. Lakukan cara yang sama seperti saat bercermin untuk memeriksa payudara Anda.

 

4. Mammografi

 

Selain memeriksa diri secara manual, Anda juga dapat mengunjungi klinik atau rumah sakit terdekat untuk melakukan mammografi. Cara melakukannya mirip seperti melakukan rontgen, namun dikhususkan untuk wilayah payudara. Keabnormalan jaringan payudara yang ditemukan saat mammografi dapat digunakan untuk acuan awal deteksi dini kanker payudara

 

Baca juga: Yuk Refreshing untuk Menjaga Kesehatan Mental

 

5. USG Payudara

 

USG atau ultrasonografi payudara merupakan metode alternatif mammografi yang juga dapat digunakan untuk mendeteksi perubahan jaringan abnormal dan benjolan pada jaringan payudara. USG juga dapat digunakan apakah benjolan merupakan kista yang menjadi cikal bakal kanker atau bukan.

 

Baca juga: Penyakit Berbahaya yang Timbul Saat Lupa Cuci Tangan

 

Sebagai saran tambahan, Anda sebaiknya rutin melakukan pemeriksaan diri sendiri (Breast Self-Exam) seperti yang dijelaskan pada poin 1-3 secara rutin, setidaknya satu bulan sekali. Anda dapat membuat jurnal sederhana terhadap seluruh perubahan yang Anda temukan. Ini dapat berguna untuk mengingat bentuk ‘normal’ payudara Anda untuk dibandingkan dengan pemeriksaan berikutnya.

Demikianlah beberapa cara mendeteksi kanker payudara sejak dini yang bisa Anda lakukan. Bagikanlah cara-cara di atas kepada teman dan keluarga Anda untuk membantu meningkatkan kesadaran diri mereka terhadap kanker payudara. Untuk meminimalisir risiko terkena kanker payudara, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.