Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

4 Tips Hemat Mengatasi Stres yang Mudah Dilakukan

Posted by cornila

Apakah Anda atau teman Anda sedang mengalami stres? Stres merupakan salah satu gangguan pada kondisi tubuh. Jika dibiarkan menumpuk, stres dapat berlanjut menjadi depresi yang mengakibatkan gangguan kesehatan fisik maupun mental.

Cara mengatasi stres itu sendiri, umumnya dengan mengidentifikasi penyebab dan mencari solusinya. Sayangnya, stres dapat berasal dari berbagai faktor sekaligus sehingga tidaklah mudah untuk mencari satu solusi yang pasti.

Ketika stres melanda dan terasa berat, Anda mungkin berkonsultasi ke psikolog. Tapi sesungguhnya, ada beberapa cara yang bisa membantu Anda melepaskan stres. Di antaranya:
 

1. Membersihkan dan membereskan tempat tinggal
 

Anda dan tempat tinggal tentu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Karena itu, buatlah diri Anda senyaman mungkin saat berada di rumah atau apartemen tempat tinggal Anda. Jika merasa tempat tinggal yang sekarang kurang rapi atau kotor, cobalah untuk membersihkannya sendiri atau bersama keluarga.

Anda juga dapat mengubah susunan interior ruangan sehingga memberikan nuansa baru. Perubahan suasana dapat membantu melepaskan stres, sementara aktivitas membersihkan dan membereskan tempat tinggal bisa menjadi pengganti olahraga ringan untuk melepaskan energi berlebih yang Anda miliki.

 

Baca juga: Ingin Terus Bersenang-senang Tapi Tetap Bisa Menabung? Ini Tipsnya

2. Pergi ke pet center
 

Mengajak hewan peliharaan bermain, seperti anjing dan kucing, dapat membantu mengurangi tingkat stres Anda. Jika tidak memiliki binatang peliharaan dan tidak alergi dengan hewan tertentu, Anda bisa pergi ke pet center terdekat untuk bermain dengan mereka.

Pet center itu sendiri dapat berupa pet shop yang memungkinkan Anda untuk membeli binatang favorit, kafe bertema binatang, rumah atraksi hewan peliharaan, maupun kebun binatang. Kunjungilah tempat-tempat tersebut bersama orang terdekat Anda untuk membuat diri lebih rileks.
 

3. Melakukan meditasi
 

Meditasi merupakan usaha relaksasi tubuh dengan cara melepaskan seluruh pikiran yang menarik maupun membebani tubuh Anda. Untuk bermeditasi, Anda bisa melakukannya di rumah, namun pastikan mencari ruangan yang sepi dari gangguan seperti  seperti kamar tidur.

Agar pikiran lebih rileks dan stres mereda selama meditasi, gunakan iringan musik klasik atau musik instrumental dengan tempo tenang. Meditasi yang dilakukan secara berkala pun dapat membuat tubuh dan pikiran lebih sehat dan tenang.
 

Baca juga: Jaga Tubuh Sehat dengan Jadi Solo Runner, Yuk!

 

4. Lepaskan emosi
 

Bila merasa mengalami stres yang cukup berat dan mengganggu, sebaiknya Anda mulai mencoba menyalurkan emosi dengan cara yang tepat. Beberapa bentuk luapan emosi untuk menyalurkan perasaan stres adalah menghancurkan sesuatu, berteriak, atau menangis. Carilah barang yang rusak dan tidak terpakai di gudang rumah lalu banting ke tanah, atau menangislah dengan keras di dalam kamar saat tidak ada orang di sana.

Bercerita dengan orang terdekat tentang masalah yang Anda alami juga bisa membantu menyalurkan stres yang melanda. Setelah perasaan membaik, dengarlah musik tempo ringan atau bacalah cerita lucu yang menghibur sehingga perasaan Anda akan semakin lega.

Demikianlah beberapa tips hemat mengatasi stres yang bisa Anda coba. Semoga dengan berkurangnya tingkat stres, Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar dan menjaga tubuh tetap sehat.