Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Mama Muda, Kenali Perlindungan Tepat bagi Setiap Anggota Keluarga

Posted by cornila

Apakah Anda seorang ibu yang berada di rentang usia 25-35 tahun? Jika demikian, Anda termasuk ke dalam golongan millennial mom.

Anda dan para mama muda lainnya tentunya memiliki cara berbeda dibandingkan para orang tua alias generasi baby boomers, terutama dalam membuat keputusan terkait pola asuh anak dan finansial. Berbeda dengan generasi sebelumnya, kini mama muda dapat lebih mudah membandingkan atau mempertimbangkan suatu hal lewat informasi yang ditemukan di internet.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), proporsi generasi milenial yang memanfaatkan internet dalam mencari informasi memang tinggi, yaitu mencapai 49,52%. Tidak terkecuali dengan mama muda yang memanfaatkan internet untuk mendukung perannya sebagai ibu.
 

Bandingkan Produk Perlindungan Keluarga secara Online
 

Umumnya, mama muda masa kini memanfaatkan internet untuk belanja online, membagikan foto si secil di media sosial, atau bergabung dengan forum parenting. Namun kini, Anda juga dapat menggunakan internet untuk membandingkan produk perlindungan kesehatan yang sesuai kebutuhan keluarga.

Salah satunya adalah menggunakan situs atau aplikasi perbandingan. Dengan beberapa klik saja, Anda dapat membandingkan manfaat, fitur, dan biaya premi antara produk satu dengan produk lainnya. Selain itu, Anda juga bisa bergabung di forum yang membahas manfaat asuransi untuk keluarga muda.

 

Baca juga: Tips Kelola Keuangan untuk Keluarga Muda
 

Kenali Macam-macam Perlindungan untuk Keluarga
 

Dalam keluarga, acap kali seorang ibu berperan sebagai pengambil keputusan. Oleh karenanya, Anda sebagai mama muda masa kini dituntut cerdas dalam menentukan pilihan, terutama yang berkaitan dengan perlindungan keluarga.

Salah satu perlindungan tersebut hadir dalam bentuk asuransi. Tujuannya adalah untuk melindungi Anda dan orang tersayang dari risiko-risiko yang dapat berdampak pada finansial keluarga.

Setiap produk asuransi memiliki fitur dan manfaat berbeda-beda. Untuk memilih yang terbaik, pastikan keluarga Anda terlindungi dengan memiliki:
 

  • Asuransi kesehatan

Perlindungan kesehatan keluarga tidak terbatas pada menyediakan makanan sehat atau melindungi dari kuman penyakit, tapi juga menjamin kesiapan finansial saat anggota keluarga jatuh sakit. Kesiapan finansial ini dapat diupayakan dengan memiliki asuransi kesehatan yang melindungi setiap anggota keluarga. Terlebih mengingat biaya berobat kesehatan yang terus meningkat setiap tahunnya. 

Pilihlah asuransi kesehatan yang menawarkan fitur dan manfaat sebagai berikut:

- Fitur klaim cashless, sehingga Anda tidak perlu membayar uang muka atau biaya administrasi terlebih dahulu.
- Manfaat harian perawatan rumah sakit.
- Manfaat harian perawatan ICU.
- Rawat jalan setelah perawatan rumah sakit, sehingga proses pemulihan bisa berjalan maksimal.
- Manfaat pembedahan.
- Layanan pendampingan saat di rumah dan di perjalanan (Home and Away Service Assistance). Layanan ini memberikan bantuan kepada Anda dan keluarga berupa konsultasi medis, evaluasi, dan rujukan.

Fitur dan manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dalam Cigna Family Care. Di samping itu, rasakan pula kemudahan pembayarannya. Asuransi kesehatan Cigna Family Care dapat melindungi hingga lima orang tertanggung yaitu; Anda, pasangan, dan tiga orang anak di dalam satu polis dengan satu premi.

 

  • Asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan dapat memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terburuk seperti kecelakaan saat bekerja atau ketika beraktivitas di rumah. Dengan segala ketidakpastian di masa depan, Anda dan pasangan sudah siap menghadapi kemungkinan tersebut. Umumnya asuransi kecelakaan memberikan manfaat sebagai berikut:

- Dana santunan pengobatan di rumah sakit.
- Dana santunan kematian karena kecelakaan.
- Layanan ambulan lokal.

Jika Anda memilih Cigna Proteksi Dini Ekstra, Anda berhak mendapatkan no-claim bonus. Fitur ini berlaku apabila dalam waktu lima tahun tidak ada klaim yang dibayarkan, bonus sebesar 75% dari total premi yang sudah dibayarkan.
 

Baca juga: Stres Finansial Bisa Jadi Penyebab Hipertensi
 

  • Asuransi jiwa

Berdasarkan survei Life Insurance Gap yang dimuat di Forbes, hanya 10% generasi milenial yang memiliki asuransi jiwa. Padahal bagi yang sudah berkeluarga, memiliki asuransi jiwa dapat melindungi keluarga tercinta. Misalnya jika terjadi risiko tutup usia, rencana masa depan anak tetap optimal berkat perlindungan ini. Manfaat asuransi jiwa dapat digunakan sebagai bekal anak dalam melanjutkan pendidikan.

Fitur dan manfaat yang diberikan asuransi jiwa tergantung pada jenis asuransi jiwa. Terdapat empat jenis asuransi jiwa yaitu; asuransi jiwa berjangka (term life insurance), asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance), asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance), dan asuransi jiwa unit link (unit linked insurance). Namun secara umum, asuransi jiwa memberikan fitur dan manfaat sebagai berikut:

- Santunan jika Anda atau pasangan meninggal dunia akibat penyakit dan/atau kecelakaan, serta secara alami karena faktor usia tanpa menderita sakit atau kecelakaan. 
- Santunan berupa uang pertanggungan akan diberikan pada ahli waris.

Cigna Exclusive Protection Plus menawarkan perlindungan jiwa dengan pengembalian premi di akhir masa perlindungan, sebesar 160% dari total premi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim. Keunggulan ini membuat Anda bisa melakukan perencanaan finansial untuk kebutuhan keluarga di masa depan. 

Rasakan manfaat perlindungan selama 15 tahun, cukup dengan membayar premi selama 5 tahun. Dengan biaya premi terjangkau dan jaminan nominal pembayaran tetap selama masa pembayaran, buah hati dapat merasakan manfaat asuransi hingga Rp 20 miliar jika tertanggung meninggal dunia.  

Apabila tertanggung tutup usia akibat kecelakaan, manfaat yang akan dibayarkan adalah 200%.  Rasakan juga kemudahan syarat karena tanpa pertanyaan kesehatan saat perpanjangan polis.

Sebelum memilih perlindungan paling tepat untuk keluarga, Anda disarankan mempelajari besarnya premi dan uang pertanggungan yang diberikan. Dengan semakin tersedianya informasi mengenai asuransi di internet, kini Anda dapat lebih mudah membandingkan produk perlindungan yang satu dengan lainnya.