Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

10 Cara Jitu Mengurangi Kecemasan Warga Perkotaan

Posted by setyo

Hidup di Jakarta atau kota besar lainnya memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah potensi meningkatnya rasa cemas yang dapat menganggu kesehatan mental Anda. 

Kenapa? Menurut www.scientificamerican.com, kecemasan timbul karena tingginya rasa individual, ketimpangan sosial, polusi udara yang buruk serta lingkungan yang kurang sehat di perkotaan. 

Nah, berikut adalah 10 tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi potensi kecemasan tersebut. 

 

1. Jangan Mudah Dengarkan Opini Orang Lain

 

Cara positif mengurangi kecemasan adalah tidak mudah menerima opini dari orang lain apalagi yang sifatnya negatif. Menerima kritik itu baik buat perkembangan diri, hanya saja opini yang tak membangun malah membuat Anda jadi stres.

 

2. Jangan Main Media Sosial Berlebihan

 

Dikutip dari www.Independent.co.uk, terlalu banyak menghabiskan waktu aktif di media sosial, cenderung mengurangi jam tidur dan waktu istirahat, hal ini dapat membuat Anda jadi susah fokus dan lebih mudah stres. 

 

3. Introspeksi dengan Target

 

Salah satu alasan Anda mudah merasa cemas adalah karena pencapaian Anda semakin jauh dari target personal. Cara yang baik untuk intropeksi dari target adalah dengan melihat sejauh mana Anda telah berusaha mencapai target dan hambatan apa saja yang Anda alami. 

 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Masyarakat Perkotaan Lebih Butuh Asuransi

 

4. Rutin Berolahraga

 

Berolahraga adalah salah satu cara mudah dan efektif untuk mengurangi kecemasan. Olahraga seperti berlari misalnya, akan membuat saraf pembuluh darah merenggang, badan berkeringat sehingga memberikan efek yang baik bagi pikiran dan tubuh.

 

5. Salurkan Hobi

 

Nah, selain rutin berolahraga, Anda juga sebaiknya fokus dengan hobi atau aktivitas yang Anda suka. Melakukan hobi akan memberikan perasaan senang dan pada akhirnya akan mengurangi kecemasan.

 

6. Kurangi Merokok

 

Anda juga harus menghilangkan kebiasaan merokok untuk mengurangi kecemasan. Menurut www.mentalhealth.org salah satu penyebab kecemasan berasal dari konsumsi nikotin yang terkandung dalam rokok. 

 

7. Berpikir Positif

 

Berpikir positif terhadap suatu hal juga turut mengurangi kecemasan yang tidak perlu. Karena biasanya kecemasan hadir karena Anda memikirkan hal-hal yang buruk dan negatif. Maka menjaga pola pikir positif bisa menghindari kecemasan dalam hidup. 

 

Baca juga: Gaya Hidup Sehat Mengurangi Risiko Stroke

 

8. Traveling ke Tempat Baru

 

Sesekali traveling ke tempat baru yang belum pernah Anda kunjungi, juga membantu mengurangi kecemasan. Dengan berkunjung ke tempat baru, Anda bisa fokus dengan hal baru dan mendapatkan ide baru. Traveling adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat Anda lari dari rutinitas sehari-hari dan ketika kembali dalam kondisi pikiran fresh.

 

9. Banyak Membaca

 

Membaca membuat Anda mendapatkan banyak pengetahuan. Hal ini bisa mengurangi kecemasan karena dengan membaca Anda akan mendapatkan wawasan baru yang mencerahkan untuk menjawab kecemasan yang Anda alami. Bacaan mengenai biography akan membantu Anda memahami sudut pandang orang lain ketika menghadapi masa sulit dan berguna buat menghadapi kecemasan Anda. 

 

10. Ngobrol dengan Orang Lain

 

Salah satu cara untuk menghindari kecemasan adalah dengan ngobrol dengan orang lain. Ngobrol yang disarankan adalah ngobrol dengan teman atau sahabat yang enak diajak bertukar pikiran. Dengan mengobrol Anda akan tahu masalah apa yang Anda hadapi dan jalan keluar dari permsalahan tersebut. 

Nah sebagai salah satu cara untuk mencegah penyakit yang timbul karena kecemasan, Anda bisa menggunakan asuransi Cigna Proteksi Sehat Optima. Produk ini memberikan kemudahan akses perlindungan kesehatan dengan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan AdMedika.