Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Perlukah Anda Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?

Posted by setyo

Dari berbagai macam produk asuransi kesehatan yang bisa Anda miliki, beberapa di antaranya mencakupi asuransi penyakit kritis. Biasanya, bentuk dari asuransi ini adalah perlindungan keuangan yang diberikan dalam bentuk santunan apabila nasabah terdiagnosa menderita salah satu kondisi penyakit kritis yang dijaminkan.

Lantas, perlukah asuransi Anda memiliki fitur perlindungan penyakit kritis? Bagi Anda yang masih dalam kondisi sehat bugar, Anda mungkin merasa tidak membutuhkan asuransi ini. Biasanya, ini karena anggapan bahwa penyakit kritis hanya akan menghampiri mereka yang lanjut usia. Namun, siapa sangka bahwa bisa jadi Anda pun membutuhkan asuransi penyakit kritis dalam asuransi kesehatan Anda? Pertimbangkan beberapa data berikut sebelum Anda memutuskan:

1. Segala jenis usia memiliki potensi terjadinya kanker yang merupakan penyakit kritis. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan di tahun 2013, potensi mengalami kanker terjadi bukan hanya pada masyarakat lanjut usia saja. Potensi kanker bisa dimiliki oleh siapa pun di segala jenis usia. Bahkan, ada kecenderungan bahwa potensi kanker meningkat drastis sejak usia 35 tahun.

2. Data World Health Organization pada tahun 2011 menunjukkan besarnya potensi penyakit kritis bagi masyarakat Indonesia, yaitu:

  • 90% penduduk Indonesia meninggal diawali sakit kritis, sementara 10% lainnya meninggal secara alami.
  • Jumlah penduduk yang menderita penyakit kritis di Indonesia pada thaun 2011 mencapai angka 12 juta orang.
  • Jumlah penderita jantung, stroke, dan kanker di Indonesia mencapai 230 ribu orang di tahun 2011.
  • 20% masyarakat kelas menengah dan atas jatuh miskin akibat penyakit kritis.
  • Menurut Rumah Sakit Kanker Dharmais, pada tahun 2010-2013 terdapat pertambahan jumlah pasien penderita kanker sebanyak sekitar 9% setiap tahunnya.

 

Baca juga: Tetap Tenang Ketika Risiko Kesehatan Datang

 

Data di atas mungkin membuat Anda merasa ngeri dengan risiko penyakit kritis yang bisa menyerang Anda kapan saja. Apalagi, Anda telah mengetahui bahwa potensi kanker bisa dimiliki oleh siapa saja tanpa terbatas usia. Namun, Anda tidak perlu panik. Ada banyak solusi untuk memastikan bahwa Anda akan siap menghadapi risiko penyakit kritis.

Salah satu solusi yang bisa Anda pilih tentu saja dengan membeli produk asuransi penyakit kritis. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan produk ini. Namun, jangan sampai Anda salah pilih. Pastikan bahwa Anda memilih asuransi penyakit kritis yang mencakupi cukup banyak penyakit kritis. Selain itu, pastikan bahwa asuransi yang Anda pilih mampu memberikan santunan dengan jumlah yang cukup besar. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu panik lagi terhadap risiko penyakit kritis yang mungkin datang suatu hari.

 

Baca juga: Tips Sehat Menghindari Kanker bagi Wanita Karier